Saturday, January 12, 2008

Blogger Navbar, Tak Disukai Namun Berguna

Blogger Navbar atau Blogger Navigation bar adalah kotak panjang yang terletak pada bagian paling atas setiap halaman blog dari Blogger/Blogspot:

Blogger Navbar 1

Katanya navbar ini dapat menurunkan peringkat halaman Google suatu blog karena menggunakan tag iframe, karena itu ada banyak artikel di internet yang menuliskan bagaimana cara menutup kotak navbar ini.

Sebenarnya Navbar ini sangat berguna sebagai fasilitas pencarian pada suatu blog. Untuk mencari hanya dalam sebuah blog tertentu, Navbar ini bahkan lebih hebat dari Google Blog Search dan Google Search yang digunakan oleh ratusan juta orang setiap hari! Mengapa? Karena isi blog Anda tidak perlu menunggu di-indeks pun dapat dilakukan pencarian dengan Navbar.

Contoh pencarian dengan Blogger Navbar, ketemu:

Navbar Search

Contoh pencarian dengan Google Search (dengan widget resmi milik Blogger/Google yang tidak menggunakan cara pencarian Navbar), gagal:

Google Search

Akibat perlu menunggu terindeks, pencarian pada suatu blog yang sering diupdate tentu akan kurang akurat. Sedangkan mencari isi dalam sebuah blog dengan Navbar akan selalu mengembalikan hasil yang bagus. Mari kita lihat contoh lain:

Blogger Navbar 2

Itulah pendapat saya tentang Blogger Navbar. Bagaimana dengan Anda?

3 comments:

  1. masa sih, sedikit artikel yg ngebahas ini, di post yg lain malah bilang "Google akan menyidak pengguna Blogger terutama dalam hal penggunaan dan penghilangan Navbar Blogger", waktu itu udh sempet sy ilangin skrg dipasang lg

    ReplyDelete
  2. @hachiko8,
    soal kemampuan pencarian, hal ini benar waktu artikel ini dibuat. Sekitar awal tahun 2010 pencarian Blogger Navbar tidak lagi sehebat yang kuharapkan...
    Kalau penghilangan Navbar, seingatku hal ini legal.

    ReplyDelete
  3. pupuk organik : penggunaan pupuk kimia ini sering kali tidak diimbangi dengan pupuk organik.

    ReplyDelete