Sunday, December 30, 2007

Kaleidoskop Blog 2007 (2)

September

Ketika membuka situs yang ada tulisan Mandarin seperti LirikLaguMandarin.blogspot.com, biasanya yang tertampilkan hanyalah kotak-kotak atau tanda tanya. Artikel Bagaimana Cara Menampilkan Huruf Mandarin? menyelesaikan masalah ini. Setelah huruf Mandarin terbaca, Anda dapat mendownload MP3 langsung dari sumbernya (koleksi lagu Mandarin yang terlengkap tentu saja ada di Tiongkok), bacalah Bagaimana Cara Download Lagu di MP3 Baidu? Artikel Bagaimana Cara Mengetik Huruf Mandarin? akan diperlukan jika Anda ingin mencari lagu sendiri di MP3 Baidu. Namun perlu diperhatikan, karakter "cewek" Mandarin itu diketik "nv" dengan pinyin. Saya Lihat Ada Tulisan "Nv" dan "Lv". Salah Ketik? Tentu saja itu bukan salah ketik.

Game GOTD memang sering memberikan game berkualitas rendah walaupun secara cuma-cuma. Di antaranya ternyata masih ada Game-Game Bagus Yang Telah Digratisi GGOTD.

Ngeblog Dengan Windows Live Writer Memang Asyik! karena gambar telah dapat diposting langsung ke Blogger dari editor ini. Ini adalah fitur utama dan eksklusif, belum pernah ada blog editor lain yang dapat posting gambar ke Blogger.

Ketika saya mulai menggunakan Comodo Firewall (waktu itu versi 2), masalah agak bermunculan dan keluarlah artikel solusinya yaitu Filezilla FTP Server dan Comodo Firewall, Solusi untuk CPU Usage Tinggi Akibat Comodo, dan Solusi Untuk CPU Usage Tinggi Akibat Comodo (2). Baguslah Comodo saat ini telah dalam versi 3 dan masalah ini telah hilang.

Taiwan yang memiliki internet super cepat (dari sudut pandang Indonesia) ternyata juga pernah mengalami masalah Internet Lagi Pelan... sampai kecepatannya lebih pelan dari Telkomnet Instan dial up yang pelan.

Lalu Tips Sinkronisasi Waktu via Internet selain untuk komputer, mungkin akan berguna juga ketika mencocokkan waktu kamera (artikel bulan April).

Bagaimana Cara Menampilkan Gambar di Dalam Archive? Selain dengan ACDSee (bajakan), dengan menggunakan XnView yang merupakan alternatif gratis dan legal pun dapat menampilkannya. Sayangnya ada bugnya sehingga sering error.

Jika Tombol Caps Lock Sering Tak Sengaja Tertekan, akan terdengar bunyi sehingga dapat menyadarkan kesalahan pengetikan Anda.

Oktober

Mengaku sebagai RPG-er (Role Playing Gamer) sejati? Setidaknya telah menamatkan lebih banyak judul RPG dibandingkan Game RPG Yang Pernah Kutamatkan.

Hasil Uji Coba Firewall Matousec menunjukkan bahwa Comodo Firewall memang firewall yang terbaik. Pilihan saya tidak salah.

Pernah mendengar software bernama Alcohol? Itu juga bajakan. gunakanlah Daemon Tools yang gratis, namun Sebelum Install Daemon Tools... jangan sampai menginstall program iklannya (adware).

Kemudian inilah software rekomendasi saya: Percepat Copy File Dengan TeraCopy. Selain cepat juga tangguh. Anda tidak perlu takut lagi jika menghadapi error ketika mengcopy.

Sebuah survei sederhana lagi Saya Tipe Blogger...: Expert.

November

Berilah nama pada koleksi file foto Anda dengan tips Mass Rename Dengan Windows Explorer agar koleksinya lebih mudah dikenali daripada sekadar angka kode.

Anda juga dapat Mengakses FTP Dengan Windows Explorer, cocok bagi yang internetnya cepat dan tidak ingin pusing dengan program FTP Client lain. Cara Cepat Membuka FTP adalah artikel untuk pengakses FTP dengan Windows Explorer. Ingin mempunyai FTP sendiri? Caranya ternyata mudah dan ditunjukkan pada artikel Membuat FTP Server Pada Komputer Anda Dengan Filezilla.

Internet itu seperti dunia nyata, juga ada tempat-tempat yang berbahaya. Artikel Hindari Situs Berbahaya Dengan SiteAdvisor, Kartun Menarik Untuk Pengajaran Keamanan Internet dan Game Menarik Ajarkan Tips Hindari Phishing sangat cocok bagi para awam untuk lebih mengenal sisi keamanan internet. Untuk yang lebih ahli ada artikel Program Untuk Pendidikan Keamanan Berinternet.

Agak stres terhadap bahaya internet? Bersantailah dan nikmati hiburan menarik Video Lipsync Lucu Dari The Dormitory Boys dan Game Lucu: Desktop Tower Defense.

Firefox Extension Saya (2), lanjutan dari Firefox Extension Saya adalah pilihan extension berdasarkan kebutuhan berinternet saya.

Desember

Bagaimana Pengucapan Kata Dalam Bahasa Inggris yang benar? Referensi bahasa Inggris ini sangat berguna menurut saya karena tanpa disadari ada cukup banyak kata Inggris yang salah dilafalkan.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa ada Lagu My Heart Versi Mandarin yang diadaptasikan oleh Nicholas Teo. Lagu My Heart aslinya dinyanyikan oleh Acha dan Irwansyah.

Pada akhir November, MP3 Baidu mengalami masalah dan muncullah artikel Tiongkok Cari Gara-Gara Lagi Lewat MP3 Baidu! (yang baru saya tulis bulan Desember). Saya curiga Tiongkok menerapkan filter internet tambahan lagi. Akibat kehilangan sumber lagu dan lirik Mandarin yang sangat sangat kuandalkan ini, terjadi sedikit hambatan dalam pengelolaan situs lirik lagu Mandarin saya. Untunglah tidak sampai sebulan MP3 Baidu, Situs Download MP3 Mandarin Gratis Kembali Normal. Dan ternyata MP3 Baidu menambah sejumlah fitur bagus. Kecurigaan saya terhadap penerapan filter Tiongkok menjadi berkurang berkat penambahan fitur ini.

Terakhir, situs lirik lagu Mandarin saya saat ini telah mempunyai koleksi 400 lirik lagu! Liriknya ditulis dalam bentuk pinyin yang bernada sehingga sangat cocok bagi yang ingin belajar Mandarin melalui lagu. Koleksi lirik akan terus bertambah. Ayo bagi pencinta lagu Mandarin jangan lewati situs LirikLaguMandarin.blogspot.com!

1 comment:

  1. pupuk organik : Pupuk kimia hny memberikan unsur hara tp tdk memberikan manfaat kelangsungan hdp organisme.

    ReplyDelete