Friday, November 24, 2006

Main NeoGeo Yuk!

NeoGeo adalah game-game buatan perusahaan game bernama SNK, yang populer melalui mesin Arcade (dingdong). Salah satu game yang paling populer adalah King of Fighter.

Kalau NeoGeo bisa dimainkan di Arcade, berarti bisa dimainkan di emulator Arcade bernama MAME juga dong. Nah, spesialisasi biasanya memberikan hasil yang lebih baik, dan ada emulator yang namanya NeoRAGEx, khusus hanya untuk memainkan game-game NeoGeo.

Perlu Download Apa Saja?

Download emulator utama NeoRAGEx di sini, kemudian ekstrak.

Sampai tahap ini, kalau program emulator dijalankan, pasti akan keluar error yang mengatakan bahwa tidak ada file neo-geo.rom dsb. Tidak seperti emulator lainnya yang lebih gampang di-download, si penyedia emulator tidak menyediakan file dengan lengkap. File yang kurang tadi adalah file BIOS. Download-lah BIOS neogeo.zip, lalu ekstrak ke tempat yang sama dengan program emulator.

Game Populernya Apa Saja?

Kalau mau mencari game-game NeoGeo, bisa masuk ke daftar ROMS-nya CoolROM, NeoGeo ROMS-nya ROM World, dll. Kalau di sana tidak tersedia game yang diinginkan, masih bisa cari ke banyak situs penyedia ROM lainnya.

Yang paling terkenal tentu saja King of Fighter, sekuel terbarunya adalah KOF 2002. SNK terkenal dengan game-game fighting-nya. Game fighting terkenal lainnya misalnya Fatal Fury, Samurai Showdown, Art of Fighting. (Gambar di bawah diambil dari sini).


Game NeoGeo action yang terkenal adalah Metal Slug, sekuel terbarunya adalah Metal Slug 5, sayangnya emulator NeoRAGEx tidak bisa memainkannya. Mainkan saja Metal Slug 4 dan sekuel Metal Slug lainnya. (Gambar di bawah diambil dari sini).


Untuk penyuka puzzle, ada Puzzle Bobble 2. Game ini begitu terkenal hingga berbagai macam mesin game pun punya game-nya. Game ini juga cocok buat cewe-cewe!


Tertarik? Download saja programnya (emulator) dan game-nya (ROMs), dan mainkan! (Semua link ke arah download sudah kusediakan di atas).

6 comments:

  1. Link Zophar.net tidak jalan. muncul pesan semacam error.

    saya sudah punya neragex V5.4 setelah mencari solusi dari google karena link yang anda muat tidak jalan.

    terima kasih...

    ReplyDelete
  2. Hai Chandra, makasih atas masukannya. Artikelnya telah di-update dengan link NeoRAGEx baru.

    ReplyDelete
  3. Mau tanya donk
    kebetulan gw make Winkawaks
    mulai dari versi 1.59-1.62 gw coba
    udah banyak bios neogeo.zip gw donlod
    g ada yg bs muterin samurai shodown 3, 4, sama 5
    cm bs samurai shodown 1

    ada solusi ga?
    atau ada emulator yg disarankan?
    kalau neoragenya kebetulan lagi gw donlod, blom coba, maklum koneksi cm make usb gsm modem
    jadi agak leled
    thx sebelumnya :)

    ReplyDelete
  4. @Hiruga,
    Gw belum pernah pake Winkawaks jadi tidak tahu ya. Boleh coba Mame juga karena program ini sampe sekarang masih aktif dikembangkan. Perkembangan NeoRAGEx sudah berhenti kali ya.

    ReplyDelete
  5. Pakai Neo Geo Versi 5, masih bisa jalan smooth di Windows 7 Ultimate. Beberapa kali mencoba yang versi baru, ehhh malah gak jalan. Akhirnya coba-coba pakai versi yang old .. jalan ok.

    ReplyDelete
  6. Bagi yang pengen download banyak game (188 game) NeoGeo sekaligus, bisa lihat di blog saya . . .

    ReplyDelete