Friday, December 8, 2006

Blog Download Gratis Lagu Indonesia Ditutup?

Kutemukan blog penyedia lagu Indonesia gratis ini dari ajang Blog Awards 2006 Indonesia, nama blognya adalah Goresan Tinta Hitam. Isinya sungguh membuatku heboh karena terdapat banyak (100 lagu lebih) lagu Indonesia yang dapat didownload gratis! Di ajang lomba blog Indo, situs ini memenangi lomba dengan hasil sementara, yaitu Best of the Best peringkat kedua.

Sayangnya, setelah lama tidak membuka blognya, hari ini tiba-tiba kutemukan bahwa blog tersebut telah ditutup paksa. Kalau blog tersebut coba dibuka, maka yang ditampilkan adalah ini:



Blog ini telah ditutup oleh Wordpress gara-gara menyalahi aturan Terms of Service. Sebagian isi aturan butir kedua yaitu:

"By making Content available, you represent and warrant that:
  • the downloading, copying and use of the Content will not infringe the proprietary rights, including but not limited to the copyright, patent, trademark or trade secret rights, of any third party;"
Pemblokiran blog Goresan Tinta Hitam terjadi mungkin karena dilaporkan oleh pihak yang ciri-cirinya sesuai dengan aturan nomor lima:

"If you believe that material located on or linked to by WordPress.com violates your copyright, you are encouraged to notify Automattic in accordance with Automattic’s Digital Millennium Copyright Act (”DMCA”) Policy. Automattic will respond to all such notices, including as required or appropriate by removing the infringing material or disabling all links to the infringing material."

Blog-ku yang lain, Lirik Lagu Mandarin, juga menyediakan download lagu Mandarin gratis. Sebenarnya, salah satu situs terbesar di Tiongkok yaitu MP3 Baidu yang menyediakannya dan saya memberikan tautan ke sana. Persoalan apakah MP3 Baidu legal atau ilegal saya tidak tahu. Situs MP3 Baidu telah lama ada, dan sejauh yang kutahu, tidak ada kehebohan mengenai pelanggaran hak cipta di Tiongkok oleh MP3 Baidu. Mungkin MP3 Baidu legal ya?

Menyediakan MP3 gratis tanpa izin itu melanggar hak cipta. Karena itu, hati-hatilah bagi para penyedia situs download lagu gratis lainnya agar tidak bernasib sama seperti "Goresan Tinta Hitam".

Di satu sisi, saya sangat menyayangkan kenapa salah satu tempat download lagu Indonesia diblokir. Tetapi di sisi lain, pemilik hak cipta lagu juga harus dihargai. Begitu banyak orang yang tidak menyetujui pembajakan, tetapi masih tetap memakai barang-barang bajakan, mungkin karena tidak dapat bertahan hidup tanpa bajakan kali ya... Inilah yang terjadi pada kebanyakan orang Indonesia (termasuk saya :P).

1 comment:

  1. pupuk organik, Kesuburan berkurang krn pemakaian pupuk kimia, beralihlah ke pupuk organik , dgn pemakaian yg bijaksana & sesuai kebutuhan, gunakan pupuk organik, selamatkan bumi tanah air.

    ReplyDelete