Saturday, May 27, 2006

Daftar Situs Penyedia Jasa Anonymous Surf

Untuk tetap bisa mengunjungi situs2 yg diblok Tiongkok, kugunakan jasa anonymous surf. Berikut ini adl bbrp situs yg menyediakan jasa anonymous surf, dan hasil percobaanku dalam membuka blogku sendiri untuk membandingkan kemampuannya:
  • Proxify. Pengalamanku membuka blog'ku, hampir semua bisa di'load sempurna kecuali statistik pengunjung milik Bravenet. Pengalaman keseluruhan menurutku: bagus sekali.

  • Anonymouse. Hampir semua bisa diload kecuali komentar terakhir dan statistik pengunjung milik Bravenet. Sayangnya ada kotak milik anonymouse yg menutup sedikit bagian shg mengganggu, dan kotaknya tidak bisa ditutup.

  • StupidCensorship. Dalam membuka blog'ku, hampir semua bisa dibuka. Komentar terakhir dari Lasthalo keluar tetapi keluarnya berulang2 bbrp kali ke bawah. Tetapi gambar apa pun tidak keluar, begitu juga statistik pengunjung.

  • Anonymization. Yang tidak terbuka adl comment milik Haloscan dan statistik pengunjung. Bbrp gambar muncul, bbrp tidak.

  • ShySurfer dan InetProxy. Sering gagal membuka blog'ku. Kecepatannya browse'nya juga pelan. Ini pengalamanku saja, siapa tau ada yg mencoba kedua situs ini dan merasa puas ya oke2 aja.

Percobaan membuka blogku saja tentu tidak menggambarkan kemampuan sebenarnya dari masing2 situs2 anonymous surf tsb. Karena itu kalau ada suatu situs yg tidak dibuka dengan sempurna oleh salah satu situs anonymous surf, boleh mencoba situs2 anonymous surf lain.

Tentu saja Tiongkok juga mengantisipasi hal ini dengan memblok situs penyedia anonymous surf, tapi menurutku masih setengah2. Banyak situs2 anonymous surf yg masih merajalela spt yg kusebutkan di atas (semoga nanti jangan kena blok juga ya :D). Bbrp situs penyedia anonymous surf yg diblok adl:

Di Indonesia ataupun negara lain, situs anonymous surf tentu tidak terlalu berguna. Tetapi dalam bbrp kasus, misalnya kalau ada internet sekolah yg memblok friendster, situs2 spt ini bisa dimanfaatkan (internet sekolah mau ditipu :P). Ada kejadian fakta bahwa di Amerika Serikat yg sekolahnya sudah memblok situs MySpace, masih ada murid2 yg suka browsing ke MySpace di sekolah menggunakan berbagai cara. Cerita lengkapnya bisa dibaca di salah satu artikel News.com.

No comments:

Post a Comment