Tuesday, May 23, 2006

Situs yg Diblok Internet Tiongkok

Di postku sebelumnya, diceritakan bahwa bbrp situs internet diblok oleh Tiongkok. Bagi yg belum tahu, pemerintah Tiongkok mempunyai kebijakan membatasi informasi yang dianggap membahayakan, salah satunya adalah melalui pengeblokan situs internet.

Sayangnya situs ensiklopedia yg sangat berguna dan terkenal seperti Wikipedia juga ikut diblok, dianggap membahayakan juga oleh pemerintah Tiongkok. Nah berikut ini ada kuberikan bbrp situs yg diblok:
  • Wikipedia. Semua versi Wikipedia dari negara lain tidak ketinggalan diblok. Tiongkok sendiri tidak menggantungkan ensiklopedianya pada situs ini karena Tiongkok punya sendiri yaitu Baidupedia.

  • Blogspot dan bbrp blog lain. Blogku sendiri dilarang dibuka (padahal apa sih yg membahayakan dari blog'ku :P). Untungnya Blogger (untuk login para blogger di blogspot) boleh dibuka. Bbrp blog terkenal di blogspot ikut jadi korban misalnya blog resmi Google. Selain itu, bbrp blog teman2 yg dibuat di blogspot (???.blogspot.com), wordpress (???.wordpress.com), blogdrive (???.blogdrive.com), juga tidak dapat dibuka. Dan masih ada lagi jenis blog lain yg tidak dapat dibuka.

  • Situs pemerintah Taiwan. Salah satunya adl http://www.gio.gov.tw/.

  • Situs pemerintah Tibet. Salah satunya adl http://www.tibet.com/.

  • dll yg tidak kuketahui

Langkah Tiongkok memblok situs pemerintah Taiwan dan Tibet bisa dimengerti karena itu memang membahayakan bagi mereka. Sayangnya Wikipedia dan blog2 juga kena, walaupun mereka pasti juga punya alasan mengapa itu harus diblok. Mungkin karena kebebasan menulis yg bisa dimanfaatkan oleh para pelaku kudeta. Walaupun begitu, ada juga blog2 yg tidak diblok oleh Tiongkok misalnya Typepad Blog, Friendster Blog, Multiply Blog, dll.

Karena aku tidak dapat berlangganan RSS blogku sendiri, maka kusediakan juga RSS blogku dari Feedburner. Siapa tahu ada para pembaca blogku yg juga tinggal di Tiongkok bisa memanfaatkan RSS yg satu ini :). Tentu saja kedua RSS itu sama persis, sama2 mewakili isi blogku dan bisa digunakan untuk berlangganan.

No comments:

Post a Comment