Friday, December 14, 2007

Situs Download MP3 Mandarin Gratis Kembali Normal

MP3 BaiduMP3 Baidu, sebuah mesin pencari MP3 terbesar di Tiongkok kembali berjalan dengan normal. Sebelumnya sekitar tanggal 24 November 2007 sampai dengan 13 Desember kemarin, situs MP3 Baidu menerapkan filter sehingga hanya pengguna internet di dalam Tiongkok saja yang dapat menggunakan mesin pencarinya (info lebih detail silakan baca artikel Tiongkok Cari Gara-Gara Lagi Lewat MP3 Baidu).

Pada hari ini, 14 Desember 2007, MP3 Baidu kembali bisa digunakan lagi oleh komunitas internet di luar Tiongkok, dan hasil pencarian akhirnya dapat ditampilkan. Bukan hanya berfungsi normal kembali, MP3 Baidu bahkan menambahkan fasilitas baru yang berguna yaitu dapat melakukan pencarian lagu dengan kata kunci bukan karakter Mandarin. Selain itu, situs tersebut juga dapat menemukan lagu-lagu Barat di samping lagu Mandarin.

Di samping penambahan dua buah fitur yang berguna, MP3 Baidu juga memperbaiki bug yang boleh dibilang cukup parah, yaitu tidak dapat mengeluarkan hasil pencarian untuk karakter Mandarin tertentu, misalnya karakter 喆 (pinyin: zhé, baca: ce). Akibatnya pencarian dengan nama David Tao dalam karakter Mandarin 陶喆 (pinyin: Táo Zhé, baca: thao ce) selalu berakhir dengan kegagalan. Penggemar David Tao boleh bergembira dengan perbaikan bug ini. Karakter 旻 (pinyin: mín) sebelumnya juga pernah menjadi korban bug MP3 Baidu sehingga menyulitkan pencarian penyanyi Evan Yo (Cài Mín Yòu 蔡旻佑).

Saat kehilangan situs sehebat MP3 Baidu, saya akhirnya menyadari betapa pentingnya fitur suggestion milik MP3 Baidu. Analoginya pada Google, jika kita mencari dengan kata yang salah misalnya "downlaod" maka Google dapat menyarankan "Mungkin maksud Anda adalah: download". Pada MP3 Baidu, jika salah mencari "桌文选" maka akan dapat disarankan "卓文萱". Untuk suggestion dalam bahasa Mandarin, Baidu yang asli buatan Tiongkok tentu jauh lebih hebat dari Google. Fitur ini sangat berguna ketika ada yang ingin request lirik Mandarin dengan modal pinyin saja tanpa karakter Mandarin. Pinyin yang kemudian asal diubah menjadi sebuah karakter Mandarin ini tentu bukan masalah dan dapat diatasi berkat MP3 Baidu suggestion.

Mengenai motif filter MP3 Baidu, dugaan kuat saya sebelumnya adalah akibat kebijakan filter internet Tiongkok pada umumnya. Namun setelah kejadian hari ini, menurut saya ada kemungkinan MP3 Baidu sengaja membatasi beratnya melayani pencarian dari luar Tiongkok dan menerapkan filter, lalu fokus pada perbaikan fitur selagi lalu lintas situsnya agak ringan. Mengenai motif aslinya mungkin hanya yang orang MP3 Baidu saja yang tahu.

Akhir kata, kembalinya MP3 Baidu ini sangat saya sambut. Semua posting lirik pada blog lirik lagu Mandarin saya akhirnya dapat dilengkapi lagi dengan tautan (link) untuk mendownload MP3 gratis. Bagi yang ingin mendapatkan lirik dan MP3 lagu Mandarin sekaligus dengan video klipnya silakan kunjungi blog lirik saya: http://liriklagumandarin.blogspot.com/.

1 comment:

  1. pupuk organik : Hasil Panen Berkwalitas : Kandungan Nutrisi, Rasa, & Daya Simpan.

    ReplyDelete