Sunday, November 25, 2007

Membuat FTP Server Pada Komputer Anda Dengan Filezilla

Setelah pulang dari jalan-jalan bersama mungkin Anda ingin membagikan sejumlah file foto jalan-jalan hasil jepretan anda dari komputer anda ke komputer saudara anda. Mungkin juga Anda ingin membagikan MP3 favorit anda kepada teman anda lewat internet.

Mengirimkan file besar lewat Yahoo Messenger (YM) tentu saja pelan. Solusi yang lebih baik adalah dengan membuat komputer milik anda berperan sebagai FTP Server, dan teman anda dapat membuka FTP anda melalui internet lalu mengcopy file tersebut.

Membuat FTP server itu relatif mudah, caranya:

1. Download dan install-lah FTP Server. Pada tutorial ini saya gunakan Filezilla FTP Server.

2. Jalankanlah FTP Server, klik Start Filezilla Server yang ada di Start Menu.

Filezilla FTP Server 1

3. Jalankanlah Filezilla Server Interface.

4. Saat muncul kotak dialog seperti gambar di bawah, Anda boleh mencentang Always connect to this server lalu OK.

Filezilla FTP Server 2

5. Klik icon bergambar satu orang, atau menu Edit - Users.

Filezilla FTP Server 3

6.Pada bagian General (lihat gambar di bawah bagian kiri), klik tombol Add yang terletak di sisi kanan.

Filezilla FTP Server 4

7. Masukkan nama user, lalu OK.

Filezilla FTP Server 5

8. Centanglah Passwords, lalu isilah password tersebut. Tujuannya agar orang lain tidak dapat membuka FTP anda sembarangan.

Filezilla FTP Server 6

9. Klik Shared folders yang ada di sisi kiri, lalu klik tombol Add yang terletak di tengah. Pilihlah folder yang ingin anda bagi melalui FTP anda (misalkan folder foto atau MP3 anda).

Filezilla FTP Server 7

10. Setelah memilih folder, klik OK. Sebelumnya perhatikanlah gambar di bawah yang diberi kotak merah. Tulisan "Read" yang tercentang berarti user dapat mengcopy file dari FTP anda. Jika Anda ingin orang yang membuka FTP anda dapat mengcopykan file menuju FTP anda maka centanglah "Write".

Filezilla FTP Server 8

11. FTP anda telah siap digunakan. Anda tinggal perlu mengetahui alamat IP komputer anda yang dapat diperiksa melalui WhatIsMyIP.com. Misalkan IP anda adalah 192.168.0.1, maka alamat FTP anda adalah ftp://192.168.0.1/.

Filezilla FTP Server 9

12. Bukalah FTP anda dengan sebuah program FTP Client misalnya Filezilla FTP Client atau Windows Explorer. Masukkan alamat FTP anda serta username dan password anda. Jika terbuka sukses maka selamat, anda telah berhasil membuat FTP Server pada komputer anda!

Filezilla FTP Server 10

Ada hal yang perlu dipertimbangkan yaitu program Firewall anda sebaiknya diatur agar tidak memblok koneksi FTP anda. Karena itu untuk mencobanya, mintalah bantuan teman anda juga untuk membuka FTP anda.

Artikel terkait:

Artikel How to set up a home FTP server dari Lifehacker.com membahas cara pembuatan FTP server dengan lebih detail menggunakan program Serv-U. Jika anda masih menemui kesulitan seputar FTP server, bacalah artikel tersebut.

6 comments:

  1. pupuk organik : makin byk petani yg gunakan bahan kimia untuk pupuk & herbisida dan berlangsung bertahun-tahun ,akibatnya kesuburan tanah berkurang

    ReplyDelete
  2. kalau nga bisa kebuka mas???
    n gie mna cara mengecekx pke run(system32)

    ReplyDelete
  3. kok nggak bisa di akses oleh komputer lain di satu jaringan ya mas?

    ReplyDelete
  4. @dicky palopo, @Vandy
    Pasti dapat diakses jaringan LAN selama tidak diblok firewall atau ada masalah koneksi jaringan.

    ReplyDelete
  5. bang gk bs masuk
    gagal terus user name sm passwordnya salah katanya

    ReplyDelete