Monday, November 26, 2007

Game Menarik Ajarkan Tips Hindari Phishing

Bagi Anda yang pernah melakukan aktifitas internet banking misalkan melalui KlikBCA atau mempunyai deposit pada Paypal, mungkin perlu mengetahui istilah Phishing.

Misalkan terdapat sebuah situs yang desainnya benar-benar persis dengan KlikBCA.com, namun alamat situs tersebut bukanlah klikbca.com. Kemungkinan orang-orang akan tertipu dan melakukan login pada situs palsu itu, maka tercurilah akun BCA-nya beserta semua uangnya di BCA. Inilah yang disebut phishing.

Mempelajari tips-tips menghindari phishing lewat tulisan mungkin agak membosankan. Untunglah ada sebuah game bernama Antiphising Phil yang dibuat untuk mengajarkan tips menghindari phishing dengan cara yang interaktif dan lebih menarik.

AntiPhishing Phil

Pada game ini Anda memainkan seekor ikan bernama Phil yang harus bertahan hidup di lautan dengan memakan cacing. Beberapa cacing tidak boleh dimakan, karena jika dimakan maka Phil akan dipancing oleh pemancing ikan. Saat anda/Phil bingung memilih mana cacing yang benar, anda dapat bertanya pada ayah Phil yang telah berpengalaman.

Game kecil yang dibuat oleh orangnya Carnegie Mellon University (CMU) di Amerika ini lumayan menarik, gambarnya lucu didukung dengan lagu pengiring yang santai. Bagi anda yang ingin meningkatkan pengetahuan keamanan berinternet boleh memainkan game ini.

Antiphising Phil

No comments:

Post a Comment