Saturday, July 7, 2007

Guide SMS Dengan Google Calendar

Berhubung banyak yang bingung nih dengan cara SMS Google Calendar di postingku terdahulu, oke sekarang saya akan tulis ulang caranya dengan lebih jelas. Lagipula antarmuka Google Calendar sudah berubah sedikit, sekalian akan kujelaskan dengan antarmuka yang baru.

Yang perlu diperhatikan adalah: Google Calendar adalah situs reminder jadwal, bukan situs SMS! Google Calendar bisa mengingatkan suatu event yang akan datang melalui SMS. Nah, dari reminder SMS Google inilah kita dapat menyalahgunakannya menjadi sarana SMS gratis.

Tanpa bicara panjang lebar lagi, berikut ini cara setting agar kita dapat mengirim SMS. Pengaturan di bawah ini yang hanya perlu dilakukan pertama kali, yaitu atur siapa penerima SMS:

  1. Loginlah ke Google Calendar.
  2. Klik Settings pada kanan atas halaman.
  3. Klik Mobile Setup.
  4. Isi formulir dengan data HP calon penerima SMS (hanya bisa operator Indosat dan XL).
  5. Klik Send Verification Code. Mintalah kode verifikasi dari si penerima, karena dia mendapatkannya dari SMS yang dikirim Google.
  6. Isi kode verifikasi, klik Finish Setup.

Oke, sekarang kita akan mengirim SMS dengan cara membuat jadwal:

  1. Klik Create Event pada sebelah kiri halaman.
  2. Isi What dengan nama pengirim (untuk menjelaskan siapa pengirim SMS).
  3. Isi When dengan kapan "jadwal dimulai". Penjelasan detail baca nomor 5.
  4. Isi Where dengan isi SMS.
  5. Klik Options, akan terlihat Reminder Pop-up 15 menit dan SMS 15 menit. Ini artinya Google akan "mengingatkan jadwal" 15 menit sebelum "event" dimulai dengan dua cara yaitu Pop-up dan SMS. Pengingatan SMS perlu agar si penerima akan mendapatkan SMS. Pengingatan Pop-up berguna agar kita tahu bahwa SMS telah masuk! Agar pop-up keluar, jangan logout dari Google Calendar. Waktu When diisi dengan apa, pembaca harap mencoba sendiri dengan pertimbangkan pengingatan jadwal 15 menit sebelum "jadwal" dimulai.
  6. Klik Save.
  7. Tunggu hingga pop-up dari Google Calendar keluar (ingat jangan logout!), ini berarti SMS telah dikirim.

Tips:

  1. Cobalah ke HP sendiri dahulu agar lebih paham cara kerja SMS Google Calendar.
  2. Setelah tahu caranya, barulah dicoba ke penerima sebenarnya.
  3. Untuk penjelasan seluk beluk SMS Google Calendar lebih detail, bacalah posting saya sebelumnya tentang SMS Google Calendar.

No comments:

Post a Comment