Saturday, March 10, 2007

Tips Maxthon (3)

Tips Maxthon berikutnya:



  1. Save Session

  2. Super Drag & Drop

  3. Domain Completion

  4. Dual Engine

1. Save Session


Saatnya menutup browser, tetapi Anda masih ingin lanjut membuka halaman web yang telah Anda buka sekarang pada lain waktu? Tidak masalah. Hal ini telah lama bisa dilakukan oleh Maxthon, ketika browser lain seperti Internet Explorer 6 dan Firefox 1 masih belum bisa melakukannya. Firefox 2 kemudian menambahkan fitur save session ini, tetapi masih ada yang kurang. Firefox 2 selalu membuka halaman web yang terakhir dibuka, entah pengguna ingin membukanya ataupun tidak.


Sedangkan pada Maxthon, sebelum browser ditutup, pengguna akan ditanyai apakah halaman web yang telah dibuka ingin dilanjutkan pada lain waktu. Kalau dicentang, maka session akan dilanjutkan. Kalau tidak, saat browser dijalankan nanti, halaman homepage-lah yang akan dibuka. Dialog ini juga sekaligus menanyakan pengguna apakah dia ingin menutup browsernya!


Maxthon’s Save Session


2. Super Drag & Drop


Sering melihat suatu alamat URL, tetapi tidak dapat diklik seperti di bawah ini?



Blok (highlight) saja alamat tersebut,



lalu tarik (klik kiri mouse, tahan, gerakkan sedikit ke sembarang tempat) dan lepaskan. Alamat URL tersebut langsung terbuka!


3. Domain Completion


Pada address bar, ketik alamat URL versi singkat, misalnya "google":



Lalu tekan "Ctrl + Enter":



Tulisan "http://www." dan ".com" automatis ditambahkan. Tidak perlu repot menulis banyak! Setting domain completion (seperti pada gambar di bawah) boleh diganti sesuai selera.



4. Dual Engine


Dilihat dari antar muka Maxthon, ternyata Maxthon mendukung dual engine! Engine yang didukung adalah Trident (yang digunakan oleh IE), dan Gecko (yang digunakan oleh Firefox).


Maxthon DualEngine


Ini artinya, halaman web yang hanya dapat ditampilkan dengan bagus oleh IE, juga dapat ditampilkan dengan bagus oleh Maxthon. Halaman yang hanya ditampilkan dengan bagus oleh Firefox juga dapat ditampilkan dengan bagus oleh Maxthon, jika menggunakan Gecko Engine.


Tertarik dengan Maxthon? Download saja lewat situs resminya.


Baca artikel lain yang berhubungan:


No comments:

Post a Comment