Wednesday, April 25, 2007

Atasi Masalah Komputer Lain Dari Komputer Anda

Kalau Anda adalah orang yang lumayan (atau sangat) mengerti komputer, mungkin cukup banyak orang yang meminta bantuan Anda untuk memperbaiki masalah komputernya. Pada umumnya, Anda berjalan menuju komputer yang bermasalah tersebut lalu memperbaikinya. Mengapa tidak atasi masalah komputer tersebut (yang umumnya jaraknya jauh), dari komputer Anda sendiri? Hal ini dapat dilakukan, berkat artikel yang ditulis oleh blog Lifehacker berjudul Tech support with UltraVNC SingleClick.


Mari kita sebut orang yang meminta bantuan dengan "si awam", dan orang yang dimintai bantuan untuk mengatasi masalah dengan "si ahli". Kehebatan dari cara Lifehacker ini adalah: si awam tidak perlu melakukan setting apapun, cukup jalankan sebuah program kecil, dan klik! Penjelasan detail caranya dapat dibaca di artikel Lifehacker tersebut. Setting hanya diperlukan pada pihak si ahli, agar komputernya dapat "memasuki" komputer si awam. Hal ini tentu tidak masalah karena si ahli tentu saja bisa melakukan setting. Si ahli akan dapat mengendalikan komputer lain seperti mengendalikan komputer sendiri. Masalah selanjutnya terserah si ahli...


Yang diperlukan agar komputer si ahli dan si awam dapat terhubung:



  1. Windows pada kedua belah pihak komputer: karena software UltraVNC (yang digunakan untuk koneksi antar komputer) hanya ada dalam versi Windows.

  2. Harus ada orang di kedua pihak! Si awam harus menjalankan sebuah program untuk menghubungi komputer si ahli.

  3. Kecepatan koneksi antar komputer harus tinggi: kedua pihak komputer harus tersambung dengan jalur koneksi berkecepatan tinggi, misalnya LAN, internet ADSL atau kabel yang kecepatannya tinggi. Ini diperlukan karena tampilan layar komputer si awam akan ditampilkan pada komputer si ahli. Lihat contoh gambar di bawah.

  4. Port 5500 terbuka pada pihak si ahli.

bantuan teknis dengan satu klik UltraVNC


Contoh Penerapan


Untuk suatu kantor yang komputernya terhubung dengan jaringan LAN, cara ini dapat diterapkan oleh divisi komputer dari kantor tersebut untuk menangani komputer kantornya. Penulis juga pernah memperbaiki infeksi spyware dari komputer seorang teman yang jaraknya ribuan kilometer dari penulis (dengan koneksi internet cepat). Bahkan untuk menyelesaikan masalah komputer di kamar sebelah, masih jauh lebih mudah ditangani dari komputer sendiri daripada harus berjalan beberapa meter, mengetuk pintu kamar sebelah dan menunggu pintu dibukakan. Sungguh terasa lebih mudah!


Catat bahwa masalah komputer yang dapat diatasi bukanlah masalah fisik pada komputer! (Misalkan kartu memori komputer teman Anda rusak). Masalah yang dapat diatasi adalah misalnya masalah software yang ada di dalam komputer.


Untuk langkah-langkah detailnya agar cara ini dapat diterapkan, silakan baca artikel Tech support with UltraVNC SingleClick dari Lifehacker.

No comments:

Post a Comment