Monday, November 13, 2006

FAQ Mengenai SMS Google Calendar

Artikel SMS Gratis Dengan Google Calendar! ternyata mendapat tanggapan yang sangat hangat dari para pembaca. Terima kasih banyak atas pertanyaan para pembaca! Di sini saya akan memasang pertanyaan yang sering ditanyakan tentang mengirim SMS melalui Google Calendar.

T: Apakah SMS saya sampai tujuan?

J: Agar yakin, kirimlah SMS ke HP sendiri! Saya telah mencoba puluhan kali, hanya sekali SMS sampai dengan telat, sedangkan puluhan kali sisanya sampai dengan tepat waktu! Selain itu juga, semua SMS pasti sampai tujuan!

T: Apakah penerima SMS dipotong pulsanya?

J: Percobaanku selama puluhan kali tidak memotong satu sen pun dari pulsa HP-ku. Pulsa penerima tidak dipotong!

T: Bukankah ada situs layanan SMS lainnya yang juga gratis misalnya YM (Yahoo Messenger)?

J: Pada umumnya situs layanan SMS menyediakan layanan gratis terbatas (misalnya hanya 10 SMS), tidak sepuasnya. Sedangkan Google menyediakan SMS sepuasnya tanpa batas! Bagi yang mengetahui situs SMS lain yang bisa gratis sekaligus sepuasnya, tolong beritahu saya, terima kasih.

T: Bagaimana kalau saya ingin mengirim SMS ke lebih dari satu HP tujuan?

J: Trik dari Abraham, buatlah Google Account yang banyak agar bisa login ke banyak Google Calendar dan mengatur tujuan SMS ke HP berbeda untuk setiap account (trik lagi, trik lagi :P).

T: Saya bingung bagaimana mengisi "When".

J: Aturan sederhana: waktu "When" = waktu "Save" selesai + waktu "Reminder" + 1 menit. Misal SMS selesai kutulis jam 17:26 dan saya ingin SMS dikirim secepatnya. Anggap reminder diatur 15 menit. Maka "When" = 17:26 + 00:15 + 00:01 = 17:42. Setelah mengisi "When" dengan nilai ini, SMS akan dikirim semenit kemudian yaitu jam 17:27 (atau dikirim pada saat "jadwal When" dikurangi "Reminder"). SMS tidak dapat dikirim pada menit 17:26 karena Google menganggap waktu untuk mengingatkan jadwal telah lewat. Isian "When to" tidak berpengaruh. Yang penting adalah "When from".

T: Apakah saya harus menulis nama pengirim di tempat isian "What" ?

J: Tidak harus, tetapi lebih baik jika penerima mengetahui SMS ini dari siapa. Ketika si penerima menerima SMS, yang terlihat hanyalah SMS dari nomor "0" (nol).

No comments:

Post a Comment