Saturday, March 3, 2007

Berapa Lama Waktu Startup Anda?

Mulai dari menekan tombol Power komputer Anda, menunggu booting..., hingga lampu harddisk-nya redup (tinggal berkedip-kedip sedikit), berapa lamakah waktunya pada komputer Anda? Hal ini kelihatannya sepele, tetapi bisa jadi akan sangat mengganggu ketika Anda perlu menunggu waktu startup yang sangat lama hanya demi melakukan sedikit pekerjaan pada komputer Anda. Coba bayangkan Anda terburu-buru ingin berangkat kuliah tetapi kelupaan meng-copy satu file tugas yang penting, padahal komputer rumah Anda sudah terlanjur dimatikan.


Sekadar untuk perbandingan, waktu startup komputer saya adalah sekitar 105 - 120 detik, atau dua menit ke bawah, menggunakan prosesor Celeron M 1,5 GHz, memori 1,12 GB. Dengan prosesor hanya 1,5 GHz, saya rasa startup dua menit ke bawah termasuk cepat. Ingat bahwa waktu dihitung mulai tombol power ditekan sampai nyala lampu harddisk redup atau hanya tinggal berkedip-kedip sedikit.


Beberapa cara atau tips dari saya untuk mempercepat startup adalah:


1. Jangan pakai Norton Internet Security


Lihat What Really Slows Windows Down. Agar dapat terhubung pada internet dengan aman, komputer kita sebaiknya diinstall dengan tiga program keamanan: Antivirus, Firewall, dan Anti-spyware (program Internet Security adalah program keamanan sepaket yang telah mengandung ketiga pengaman ini). Sayangnya program pengamanan ini memperlambat waktu startup komputer, tetapi tetap diperlukan. Saya install program Internet Security yang lain, dan efeknya memang terasa! Asal jangan Norton Internet Security deh, karena terlalu berat.


2. Jangan startup program YM dan MSN !!!


Bukan berarti jangan nyalakan Yahoo Messenger atau MSN (Windows Live) Messenger loh. Kedua program itu lebih baik jangan dibuka automatis ketika Windows Anda nyala. Setelah startup selesai, Anda bisa membuka YM/MSN Anda sendiri. Mudah dan tidak perlu lama menunggu.


Pengaturan agar YM tidak startup automatis: login dahulu, lalu klik menu Messenger, lalu Preferences. "Automatically start Yahoo! Messenger" JANGAN dicentang.


YM Jangan Startup


Pengaturan agar MSN tidak startup automatis: klik menu Tools, lalu Options..., klik bagian General. "Automatically run Windows Live Messenger when I log on to Windows" JANGAN dicentang.


MSN Jangan Startup


3. Buang startup program yang tidak perlu.


Bagi yang lebih mengerti komputer: Run msconfig lalu klik tab Startup. Jangan centang program-program yang tidak seberapa penting.


4. Gunakan program Optimizer


Contoh: System Mechanic (bayar / bajak :P), Advanced Windows Care (freeware / gratis). Program sejenis ini benar-benar mengoptimalkan kinerja komputer Anda. Komputer lama dapat terasa seperti komputer yang baru diinstall.


Setelah menerapkan cara-cara di atas, coba ukur lagi waktu startup Anda. Buktikanlah sendiri perbedaannya!

2 comments:

  1. Makasih tipnya. Beberapa hari laptopku star up hampir sejam. Sudah googling kemana-mana dan baca buku dipraktekkan blum selesaikan masalah. Setelah baca postingan ini jadi ingat, sebelum laptop bermasalah saya menginstal Skype, karena pingin sms dan nelpon gratis. Wah, mungkin ini masalahnya. Langsung ke msconfig lalu start up, centang ditiadakan pada skype, ok, lalu restart... wah langsung tokcer. Makasih, om Adi.

    ReplyDelete
  2. @Ummiega,
    wah satu jam terlalu lama. Coba tambah memori komputer saja, pasti akan terasa lebih cepat.

    ReplyDelete