Thursday, February 14, 2008

Menonton Video Youtube Secara Inline Pada Situs Apapun

Jika Anda menggunakan browser Mozilla Firefox yang dilengkapi dengan Greasemonkey extension, Anda dapat menonton video Youtube secara langsung pada situs web apapun setelah menambah script Videoembed pada Greasemonkey Anda.

Cobalah buka situs web yang memasang link (tetapi bukan embed) pada suatu video Youtube. Saya beri contoh situs LirikLaguMandarin.com yang menyediakan link video klip untuk sebagian besar koleksi liriknya, misalnya lagu Andy Lau and Kelly Chen - Wo Bu Gou Ai Ni. Tampilan situs tersebut sebelum ditambahi Videoembed adalah:

Youtube Video Inline - Without

Setelah ditambahi Videoembed, Anda dapat langsung memutar videonya di tempat sekaligus menikmati liriknya!

Youtube Video Inline - With

Hal ini juga berlaku untuk situs apapun juga, bukan hanya LirikLaguMandarin.com, selama situs tersebut menyediakan link menuju suatu video. Bukan hanya video Youtube yang didukung, Google Video, Yahoo, Metacafe, dan sebagainya pun dapat ditampilkan langsung.

Sekadar info: artikel lirik lama pada situs LirikLaguMandarin.com masih menyediakan video Youtube dalam bentuk "link", sedangkan artikel lirik yang baru telah menyediakan video dalam bentuk "embed", sehingga bagi yang tidak menggunakan Videoembed script pun tetap dapat menonton video langsung di tempat.

Sumber: Watch YouTube Videos Inline from Any Link dari Lifehacker.com.

1 comment: