Saturday, December 29, 2007

Kaleidoskop Blog 2007

Mengikuti saran yang sangat bagus dari Cak Alief, inilah ringkasan / kaleidoskop Blog tahun 2007 versi saya.

Januari

Artikel Karakter Mandarin Diurutkan Berdasarkan Apa? menunjukkan fakta yang menarik bahwa ternyata orang Taiwan tidak memerlukan urutan (misalnya urut a, b, c) dalam membaca karakter Mandarin, dan hal ini tercermin pada susunan karakter Mandarin versi Taiwan (Big5). Namun karakter Mandarin Tiongkok tetap mempunyai urutan.

Kemudian ada cerita heboh, DetikINET Memuat Berita Salah! Virus organik yang tidak mungkin hidup di dalam komputer malah diberitakan. Baguslah kasus ini telah diselesaikan oleh DetikINET. Saya boleh sedikit berbangga di sini :P karena artikel saya lebih dulu diposting dibanding Priyadi, blogger favorit nomor 1 saya.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa internet browser Maxthon ternyata mempunyai fitur yang lebih banyak dan bagus jika dibanding Firefox tanpa extension, detailnya ada di artikel Maxthon vs Firefox. Para awam yang ingin segalanya langsung jadi tentu lebih enak menggunakan Maxthon, sedangkan para ahli yang suka menambah extension akan lebih cocok dengan Firefox. Selain itu, Maxthon v1 jauh lebih hemat memori.

Artikel Film yang Dibuat dari Blog Unik tentu menarik bagi orang yang menggemari seni. Lalu masalah Emoticon YM Tidak Bisa Animasi? ternyata diselesaikan dengan mengaktifkan fitur animasi (Flash) pada Internet Explorer.

Februari

Tips Maxthon, Tips Maxthon (2), dan Tips Maxthon (3) menunjukkan apa saja yang bisa dilakukan oleh Maxthon, browser yang lebih cocok untuk orang awam. Saya memberi tips tersebut hanya untuk Maxthon v1.

Kemudian saya menjadi fans FS dari seorang penyanyi mantap bernama Karen Kong yang walaupun telah menjadi artis namun tetap dekat dengan penggemarnya melalui blog FS-nya. Jarang sekali ada artis yang begini.

Kucing-Kucingan PKL Taiwan menunjukkan bahwa hal ini bukan hanya terjadi di Indonesia :D.

Di saat liburan kita agak Bosan? Nonton Video Stumble! dengan syarat punya koneksi internet yang cepat.

Artikel Blog Download MP3 Gratis sukses menarik sebagian besar pengunjung ke blog ini. Ini menunjukkan bahwa orang Indo memang suka gratisan dari sananya...

Maret

Saya juga ingin menunjukkan bahwa Windows juga bisa berjalan dengan cepat walaupun telah digunakan setahun lebih tanpa perlu menginstall Windows ulang: Berapa Lama Waktu Startup Anda?

Saya iseng coba mengadu Petir, komputer catur terbaik Indonesia, melawan Pawn (Petir vs Pawn). Petir tentu menang telak sebab lawannya hanyalah program game catur untuk hiburan (sebenarnya kuat juga loh). Prestasi Petir terbaik sejauh ini adalah pernah mengalahkan Deep Junior yang elo ratingnya kurang lebih 300 lebih tinggi dari Petir.

Orang Indo yang suka gratisan tapi tidak mau membajak software boleh membaca artikel Program Gratis Setiap Hari! dan Tips Download di Giveaway. Setiap hari diberikan software baru secara cuma-cuma.

Yang menyukai komputer, internet, atau gadget dapat mengikuti Kursus Online CNET Gratis. Tidak perlu mendaftar, semua bahan kursus dapat dibaca langsung.

April

Soal Waktu Kamera, Perlukah Sama? Jawaban singkat: perlu. Khususnya bagi sekelompok tukang foto yang hasil fotonya nanti akan digabungkan (Paparazor juga tuh...). Ngomong-ngomong tentang foto, orang Indo boleh sedikit bangga karena budayanya telah memberikan Warna Indonesia di Situs Taiwan.

Untuk para ahli komputer, Anda dapat Atasi Masalah Komputer Lain Dari Komputer Anda asal ada koneksi LAN atau internet yang cepat. Lalu agar si awam tidak terlalu sering merepotkan si ahli, membaca artikel Tips Awam: Cara Copy Lagu Dari CD akan sangat berguna bagi para awam khususnya penyuka lagu.

Pemakai komputer Indonesia terlalu sering membajak program yang seharusnya perlu bayar. Sebenarnya program alternatif yang gratis dan tanpa perlu membajak telah disediakan oleh FileHippo, Tempat Download Software Berkualitas. Download dari sana dijamin aman dari adware dan spyware.

3721 dan Teori Konspirasi Malware menunjukkan bahwa demi uang, orang ini rela menyusun skenario terselubung di dunia komputer dan internet, dan pada akhirnya dia untung besar namun namanya tercemar (pendapat ini hanya berdasarkan berita lain, tak ada pembuktian dari saya sendiri).

Mei

Artis cantik Genie Zhuo Wen Xuan sukses memukau para mahasiswa NTUST Taiwan, khususnya para cowok...

Juni

Musim tamatnya serial TV terkenal Amerika bernama Heroes, ternyata banyak sekali kejanggalan di dalam filmnya. Top 7 Keanehan Cerita Heroes menunjukkan beberapa yang masih terbilang aneh dan akan selalu aneh, sedangkan beberapa telah diketahui jawabannya berkat Heroes season 2.

Mesin cari MP3 terbesar di Tiongkok yaitu MP3 Baidu ternyata mempunyai fitur yang sangat berguna yaitu Baidu Spell Checker. Sangat cocok bagi yang akan mencari dengan karakter Mandarin, tapi tidak tahu manakah huruf yang benar.

Juli

Saya menemukan Celah Situs Manga Stoptazmo sehingga semua orang dapat mendownload komik/manga dari sana sepuas-puasnya, namun celah itu telah ditambal (buruk bagi tukang sedot manga, namun bagus bagi situs itu).

Untuk mendapatkan alternatif dari program yang diberikan GOTD yang telah lewat masa gratisnya, silakan baca Rekomendasi Pengunjung GOTD.

Guide SMS Dengan Google Calendar menjelaskan ulang artikel yang telah pernah dibahas sebelumnya. Intinya SMS ini gratis bahkan untuk penerima SMS. Kelemahannya tujuan SMS hanya bisa satu nomor HP.

Ikuti sebuah survei iseng Tingkat Kecanduan Blog Saya....

Agustus

liburan... ikutilah kelanjutannya!

1 comment:

  1. pupuk organik : Pemanfaatan lahan pertanian dgn tdk perhatian thd faktor kelestarian lingkungan makin membuat parah kondisi lahan.

    ReplyDelete